Feeds RSS
Feeds RSS

Kamis, 25 Agustus 2011

Sekilas Tentang Sungai Efrat

Salah satu tanda - tanda kiamat adalah Sungai Efrat berubah menjadi emas.
Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak akan terjadi kiamat sampai Sungai Eufrat menghasilkan gunung emas, manusia berebutan tentangnya. dan setiap seratus 100 terbunuh 99 orang. Dan setiap orang dari mereka berkata, ”Barangkali akulah yang selamat.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Sungai Efrat

Peta Sungai Efrat

Sungai Efrat atau Sungai Furat (Inggris: Euphrates, Arab: نهر الفرات) adalah salah satu sungai yang mencirikan Mesopotamia (satu lagi Sungai Tigris) yang mengalir dari Anatolia. Sungai ini panjangnya lebih kurang 2,781 kilometer (1,730 mil).

dimanakah sungai Efrat ? Sungai Efrat ada di Irak, Sungai Efrat adalah salah satu sungai yang paling penting di dunia. Seiring dengan Sungai Tigris, Sungai Efrat itu memberikan banyak air yang mendukung perkembangan budaya Mesopotamia kuno. Efrat penting semata - mata untuk pasokan air. Sungai bagi negara Turki, Suriah dan Irak adalah sebagai sumber ketegangan politik, semua bersaing untuk penggunaan air untuk irigasi dan generasi listrik tenaga air. Selama berabad - abad sungai ini membentuk batas timur kontrol Romawi. Selama Supermasi Kekaisaran Romawi Timur. Data historis telah banyak dihasilkan oleh penggalian arkeologis di tepi sungai Tigris dan Efrat. 

Sungai Furat memberi kehidupan yang membawa kepada kemunculan peradaban Sumeria, lebih kurang alaf ke-4 SM. Kebanyakan kota purba penting terletak di tebing sungai ini termasuk Mari, Sippar, Nippur, Shuruppak, Uruk dan Eridu. Lembah sungai ini juga membentuk pusat imperium Babylon dan Assyria. Pertempuran Karbala juga berlaku di tepi sungai Furat di mana Imam Hussain, keluarga dan sahabat beliau terbunuh.

Sungai Efrat dalam hadist 
Daripada Abu Hurairah r.a., Rasulullah saw bersabda: "Tidak terjadi hari kiamat itu sehingga Sungai Furat menjadi surut airnya sehingga ternampak sebuah gunung daripada emas. Ramai orang yang berperang untuk merebutkannya. Maka terbunuh sembilan puluh sembilan daripada seratus orang yang berperang. Dan masing-masing yang terlibat berkata "mudah-mudahan akulah orang yang terselamat itu".
Di dalam riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah bersabda: "Sudah dekat suatu masa di mana sungai Furat akan menjadi surut airnya lalu ternampak perbendaharaan daripada emas, maka barangsiapa yang hadir di situ janganlah ia mengambil sesuatu pun daripada harta itu."




sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sungai_Efrat

0 komentar:

Posting Komentar